NGAWI.NGAWIKAB.ID – Padat Karya Tunai (PKT) Merupaka program pemerintah berupa kegiatan pemberdayaan masyarakat desa, Khususnya yang kurang mampu, bersifat produktif yang mengutamakan pemanfaatan sumber daya, tenaga kerja, dan teknologi lokal untuk menambah pendapatan, mengurangi kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan rakyat. Melalui Proram Padat Karya Tunai berupa penghijauan,Pemeliharaan Embung desa serta Panen Raya, Pemerintah Desa Ngawi setidaknya  berhasil menyerap 50 orang lebih tenaga kerja dalam 3hari. Kegiatan ini dimulai pada Sabtu(06/02) sampai dengan Senin(08/02) yang berlokasi di Embung Skip desa Ngawi.

Peserta Kegiatan ini berasal dari warga setempat yang masuk dalam usia kerja, diutamakan warga masyarakat yang tidak mempunyai penghasilan tetap dan yang kurang mampu. Lebih dari 50 orang  mengikuti kegiatan ini dengan upah Rp. 75.000,- (Tujuh Puluh Lima Ribu Rupiah) per hari selama 3hari.  Pada hari pertama kegiatan dimulai dengan Penghijauan diwilayah disekitar Embung Skip, berupa penanaman pohon, dilanjutkan dengan Panen Raya ikan yang ada di Embung selama 2 Hari. Ikan hasil tangkapan sebagaian besar dijual,hasilnya diserahkan pada Bumdes Desa Ngawi sebagai pengelola Embung. Pada hari Ke tiga kegiatan difokuskan pada pemeliharaan Embung, berupa pembersihan lokasi Embung dari sampah.

Kegiatan Padat Karya Tunai ini diharapkan dapat mempercepat Pemulihan ekonomi masyarakat, meningkatkan daya beli masyarakat,khususnya saat pandemi seperti sekarang ini dan warga masyarakat mendapatkan nilai manfaat yang lebih besar dari kegiatan ini.” Terang, Eko Budi Sudarmanto Kades Ngawi.

Share and Enjoy !

0Shares
0 0